Tutorial Fitur Microsoft Office Word : Mail merge, Section, Page Number, Daftar Isi, Equation, Auto text, dan Speeling & Grammer

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat malam sobat shalih dan shalihah, insya Allah kali ini kita akan membahas materi yang saya dapatkan di responsi Penerapan Komputer sebelumnya. Bahasannya yaitu tentang fitur-fitur unggulan yang biasa digunakan di Microsoft Office Word (di artikel ini, saya menggunakan applikasi Microsoft Office Word 2007).
1. Mail merge
    Fitur ini biasa digunakan untuk mengirim surat ke banyak orang, dengan format identitas yang berbeda-beda. How the way? Common...

Buatlah point-point yang akan diisi. Di sini ada tiga point, "Kepada", "Alamat", dan "No. Hp".
 Setelah itu, pilih menu "Mailings". Salah satu sub-menu dari itu adalah "Start Mail Merge", silahkan klik. Sehingga akan muncul beberapa plihan secara vertikal, dan klik "Step by Step Mail Merge Wizard ...".
 Setelah diklik, akan muncul frame dari kanan layar. Di frame itu terdapat pilihan-pilihan, Letters, E-mail Messages, Envelopes, Labels, dan Directory; pilih sesuai kebutuhan. Pada kali ini kita akan memilih "Letters". Setelah itu klik next di bagian bawah.
 Kemudian hitamkan (pilih) "Type a new list" dan klik "Create" karena kita akan membuat daftar baru.
 Akan muncul kotak dialog seperti di atas.  Sesuaikan informasi tabel sesuai format di awal dengan memilih Button "Customize Colums ...".
 
Akan muncul kotak dialog seperti di atas. Silahkan hapus dulu keterangan-keterangan default (kosongkan).
Dan ganti dengan kebutuhan kita, dengan mengklik "Add..." dan "OK". 
Hasilnya akan seperti di atas.
 Silahkan isi point-point identitas, sesuai dengan daftar orang yang akan dikirimkan surat (jika tujuannya mengirim surat).
 Ketika diklik "OK", akan muncul kotak dialog seperti di atas, yang merupakan prosedur perintah penyimpanan Address List. Silahkan simpan.
 Hasilnya akan muncul kotak dialog "Mail Merge Recipient", seperti di atas.
Selanjutnya gunakan sub-menu lain dari menu "Mailings", yaitu "Insert Merge Field". 

Setelah proses penyisipan, hasilnya akan seperti di atas, kata-kata yang ditutup kurung ibarat link menuju list yang telah kita daftarkan.

 Selanjutnya silahkan kembali di frame sebelah kanan layar lagi. Klik "Next : Write your letter".
Kemudian Next lagi (to Preview your letter).

Lalu, Next lagi (to Complete the merge).

 Selanjutnya perhatikan di tengah frame. Klik "Edit individual letters ..."
Maka akan muncul kotak dialog di atas, silahkan pilih "All" untuk merge semua list.

Dan selesai, akan tampil document baru yang merupakan hasil olahan tadi.


2. Page Number
   Fitur berikut juga merupakan yang terpenting. Orang-orang membuat laporan, proposal, ataupun jurnal di Microsoft Office Word akan sangat membutuhkan fitur berikut.
Caranya, pilih menu insert. 
 Pilih bagian sub-menu Footer (tidak diharuskan), sesuai dengan kebutuhan. Kemudian akan muncul, beberapa tipe default

Silahkan pilih, kemudian eksplorasikan dirimu dengan metode-metode pengaturan di bagian atas.

3. Daftar Isi
    Sama halnya dengan penggunaan "Page Number", penggunaan fitur daftar isi tidak kalah pentingnya juga. Tidak satu cara menuju "Makkah". Nah, di sini merupakan salah satu cara yang mudah dan cepat untuk membuat daftar isi.
Pertama, kita membuat Judul-judul bab maupun sub-babnya.
     
Atut Formatnya (suka-suka). Dan jangan lupa, langsung bagi point-point tersebut dalam halaman-halaman, sisakan bagian halaman "Daftar Isi".

 Setelah itu langsung menuju menu "References", kemudian pilih "Table Of Content". Di "Table Of Content" tersebut akan muncul pilihan-pilihan default. Pilih salah satu, maka secara otomatis akan terbentuk (salah satunya) daftar isi seperti gambar di atas.


4. AUTO TEXT
     Perintah ini memang jarang digunakan orang, karena pada dasarnya fitur CO-PAS saja sudah lebih dari cukup. Perbedaannya, fitur auto text akan menyimpan words or sentences walau aplikasi Microsoft Office Word-nya sudah ditutup. Bagaimana penggunaanya?
Silahkan ambil di menu utama "Insert". Setelah itu pilih "Auto text", maka akan muncul auto text - auto text yang telah pernah atau secara default terdapat di aplikasi Microsoft Office Word-nya.
Ketika ingin menyimpan kata-kata yang anda buat untuk disimpan sebagai auto text, silahkan buat terlebih dahulu kata-katanya dan block (hitamkan). Setelah itu kembali ambil sub-menu Auto text dan klik "Save Selection to AutoText Gallery"
Maka akan muncul kotak dialog seperti di atas. Silahkan isi dan sesuaikan (intinya bereksplorasi), dan klik "OK".
Tersimpan!


5. Equation
    Untuk persoalan matematika fitur ini sangat dibutuhkan karena lika-liku variabel matematika dapat ditemukan di Equation 
 Fiturnya terdapat di menu "Insert", dan perhatikan icon pi (Equation) pada bagian kanan.
"KLIK" dan akan muncul pilihan defaultnya, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan. 

"Eksplorasikan dirimu"

Trims
M Fadhli Z

0 komentar:


close